Sabtu, 06 April 2013

ISD sebagai salah satu MKDU (TULISAN)



Pada saat ini banyak sekali masalah-masalah sosial yang timbul dimasyarakat, maka dari itu sangat diperlukan sebuah metode khusus untuk menangani masalah tersebut. Salah satunya dengan memberikan maa kuliah ilmu sosial dasar kepada mahasiswa sebagai mata kuliah dasar umum. Mengapa harus mata kuliah ilmu sosial dasar? Karna dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan negaranya, memberikan wawasan yang cukup kepada mahasiswa untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di lingkungannya.
       Masalah sosial yang terjadi kebanyakan penyebabnya akibat ulah sesame manusia. Hal itu dapat terjadi dikarenakan sifat, watak dan karakter yang berbeda-beda setiap orang.  Contoh sederhana adalah masalah yang terjadi di masyarakat misalnya masalah antar tetangga. Kebanyakan masalah tersebut bisa terjadi karna omongan. Baik atau tidaknya omongan tersebut bisa saja di belokan oleh seseorang yang akhirnya memicu masalah di masyarakat tersebut. bagaimana dengan solusinya? Solusinya adalah dengan cara masyarakat harus melibatkan ketua RT atau RW ataupun masyarakat sekitar dalam pemecahan kasus tersebut dengan berbicara baik-baik kepada setiap warga.
       Maka dari itu seharusnya setiap orang harus mempunyai akhlak yang mulia dan pengetahuan yang luas agar masalah-masalah yang terjadi bisa di kurangi bahkan bisa di hilangkan. Meskipun masalah sosial tidak bisa dihilangkan secara total karna pasti ada masalah-masalah baru yang terjadi. Karna masalah sosial tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Kemudian ada beberapa contoh lagi masalah yang masih mengelilingi atau masih sering terjadi di Negara kita ini. Contohnya tawuran antar pelajar, tawuran ini bahkan menjadi tren dikalangan pelajar, karna jika suatu sekolah memenangi tawuran maka mereka bangga karna mereka bisa dianggap jagoan. Padahal seharusnya tugas pelajar adalah belajar, menuntut ilmu dengan serius, disiplin, semangat dan kerja keras. Tidak lupa diiringi dengan doa. Agar mereka bisa jadi penerus bangsa yang akan memajukan bangsa dan bukan seperti ini caranya. contoh nya tawuran yang tejadi di kalangan pelajar, tawuran terjadi karena hanya dengan masalah yang sepele, kesalah pahaman dan kurang nya komunikasi antara dua belah pihak, seharus nya masalah tersebut di selesaikan dengan cara musyawarah agar mendapatkan hasil yang baik, seharusnya tugas para pelajar ialah belajar bukanlah tawuran, apakah dengan tawuran mereka bisa mendapatkan sesuatu ? jawabanya ya jelas tidak, yang mereka dapat hanya penyesalkan karena mereka telah membuang - buang waktu hanya untuk kegiatan yang negatif, seharusnya mereka bisa mengisi waktu dengan kegiatan - kegiatan yang positif.
Masalah ini dapat diatasi dengan cara Para Siswa wajib diajarkan dan memahami bahwa semua permasalahan tidak akan selesai jika penyelesaiannya dengan menggunakan kekerasan. Dan masalah bisa diselesaikan dengan cara baik-baik. Lakukan komunikasi dan pendekatan secara khusus kepada para pelajar untuk mengajarkan cinta kasih. Pengajaran ilmu beladiri yang mempunyai prinsip yang harusnya digunakan untuk menyelamatkan orang dan ilmu tersebut jangan disalah gunakan seperti untuk tawuran. Ajarkan ilmu sosial Budaya, karna ilmu sosial budaya sangat bermanfaat untuk pelajar khususnya, yaitu agar tidak salah menempatkan diri di lingkungan masyarakat.
       Tindakan kekerasan pasti akan menular, Pihak yang berwenang haruslah tegas memberikan sanksi untuk pelaku tawuran antar pelajar ini. Dari pihak sekolah pun harus ada sanksi yang tegas kepada pelajar yang mengikuti tawuran. Lalu berdamailah secara resmi dari pihak sekolah satu dengan pihak sekolah lain. Namun aa yang harus digaris bawahi adalah KELUARGA. Mengapa? Karna awal pembentukan karakter setiap individu itu berawal dari keluarga. Maka dari itu karakter yang telah dibentuk di setiap keluarga maka di tularkan ke lingkungannya. Jadi setiap keluarga harus membentuk karakter yang bagus kepada anaknya. Karna masyarakat atau lingkungan yang baik itu berawal dari karakter individu yang baik pula. Sebagai orang tua, wajib bagi mereka untuk mengkondisikan lingkungan yang baik kepada anaknya agar anak mempunyai kondisi mental yang sehat. Hal ini penting bagi pertumbuhan psikologis setiap anak supaya anak (pelajar) tidak mudah terbawa pengaruh burukdari lingkungan.

SUMBER:

Tidak ada komentar: